Buka tiap hari jam 08.00 s/d jam 20.00
Beranda » Artikel Terbaru » Perawatan Pompa ASI

Perawatan Pompa ASI

Diposting pada 15 April 2020 oleh clodiklaten

Ibu muda sekarang semakin paham akan pentingnya ASI sebagai asupan makan untuk bayi. Selain kandungan gizi terbaik pada ASI yang menunjang pertumbuhan bayi juga menghemat pengeluaran belanja susu untuk bayi. Untuk ibu yang aktivitas tinggi ataupun bekerja bisa disiasati dengan menggunakan pompa ASI baik yang manual ataupun Elektrik . Semua ada plus minusnya dan di sesuaikan dengan budget yang tersedia.

Hal terpenting yang harus dilakukan saat menggunakan pompa ASI adalah menjaga kebersihannya. Sebab saat membersihkan pompa ASI, ibu harus melakukannya dengan teliti. Salah satu caranya adalah dengan sterilisasi. Proses ini akan menghilangkan semua bakteri, jamur, dan kuman setelah diberikan uap atau disiram air panas mendidih.

Cara Sterilisasi dan Membersihkan Pompa ASI

Sebelum melakukan sterilisasi, pastikan tangan ibu bersih terlebih dulu. Selain itu, kumpulkan alat pemompa ASI yang akan dicuci. Periksa juga apakah perlengkapan pompa ASI itu kotor atau berjamur selama penyimpanan. Jika tabung berjamur, buang dan ganti dengan segera.

Sehabis melakukan sterilisasi, jangan lupa untuk membersihkan pompa ASI. Berikut ini enam cara membersihkan pompa ASI yang bisa ibu terapkan:

  1. Cermati bagian yang harus dicuci dan tidak. Sebab, tidak semua bagian dari pompa ASI bisa dicuci. Ibu bisa mengetahuinya dari pedoman penggunaan dan pencucian pompa ASI yang tersedia. Bagian pompa ASI yang harus dicuci biasanya adalah botol, corong, leher, dan klep atau katup. Sementara, bagian yang tidak boleh dicuci adalah selang serta mesinnya.
  2. Lepaskan semua bagian botol satu per satu. Tujuannya agar ibu bisa membersihkannya secara menyeluruh.
  3. Jangan mencampurkan pompa ASI dengan alat dapur lain saat mencucinya. Gunakan wadah khusus untuk membersihkan pompa ASI. Namun, pastikan wadah itu hanya digunakan untuk membersihkan perlengkapan bayi. Hindari meletakkan bagian pompa ASI di tempat pencuci piring. Hal ini dilakukan untuk agar pompa ASI tidak terkontaminasi kuman, bakteri, atau jamur yang ada di bak cuci piring.
  4. Rendam bagian pompa ASI yang sudah dilepaskan dengan air panas yang sudah dicampur dengan sabun pencuci botol bayi. Cuci dan bilas alat pompa ASI dengan air hangat, lalu siram kembali pompa ASI dengan air panas mendidih untuk memastikan kebersihan alat tersebut.
  5. Setelah selesai, keringkan alat pompa ASI. Ibu bisa menggunakan tisu bersih atau lap khusus yang bersih. Hindari menggunakan lap dapur atau lap cuci piring biasa karena bisa mencemari pompa ASI yang sudah bersih.
  6. Bersihkan juga wadah dan sikat yang digunakan untuk membersihkan pompa ASI. Setelah bersih, biarkan alat tersebut hingga kering sebelum digunakan kembali.

Yang perlu diingat juga dalam membersihkan pompa ASI adalah lakukan segera setelah pompa ASI selesai digunakan. Hal ini bertujuan untuk mencegah alat pompa ASI terkontaminasi dengan kuman ataupun bakteri penyebab penyakit.

 

 

 

 

Bagikan informasi tentang Perawatan Pompa ASI kepada teman atau kerabat Anda.

Perawatan Pompa ASI | CLODI KLATEN

Belum ada komentar untuk Perawatan Pompa ASI

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Temukan Kami
Sidebar Kiri
Kontak
Sidebar Kanan